Belajar Bootstrap Bagian 2: Belajar Bagaimana Cara Menggunakan Bootstrap

Bagaimana Cara Menggunakan Bootstrap?

Apabila pada bagian sebelumnya kita sudah mengetahui Apa itu Bootstrap dan apa fungsinya, maka pada bagian kali ini kita akan mempelajari bagaimana cara menggunakan atau mengimplementasikan Bootstrap didalam tampilan web yang akan kita buat. Sebelum memulainya, pastikan anda sudah mendownload file bootstrap terlebih dahulu di getbootstrap.com. Kemudian ekstrak file bootstrap yang sudah anda download tadi kedalam folder baru, beri saja nama foldernya belajar bootstrap. Kurang lebih susunan filenya akan seperti ini:

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengimplementasikan bootstrap didalam tampilan web yang kita buat, yaitu dengan cara menginstall bootstrap secara offline (dengan mendownload file bootstrap seperti yang sudah dilakukan tadi) atau dengan menginstallnya secara online. Sama aja sih sebenarnya, hanya saja kalau kita mengimplementasikan bootstrap lewat cdn (online) tentu saja kita harus terkoneksi dengan internet untuk dapat melihat hasilnya. Jadi kali ini kita lakukan secara offline saja.

Nah kalau sudah, sekarang kita mulai kodingnya. Buka editor anda semisal Notepad++, Sublime atau yang lainnya. Nah disini saya menggunakan Sublime, lebih nyaman aja. Kemudian kita buat file baru beri saja nama index.html atau sesuai keinginan anda, save filenya di folder belajar bootstrap tadi. diantara tag <head> ... </head>  tulis kode seperti berikut ini:

index.html

<link rel="stylesheet" type="text/css" href="./css/bootstrap.css">
<link rel="stylesheet" type="text/css" href="./css/bootstrap.min.css">
Perlu diperhatikan pemanggilan lokasi file harus sesuai dengan lokasi dimana file css dari Bootstrap anda disimpan.
Sekian dulu untuk kali ini, kita lanjut di bagian berikutnya.

Berikan kritik dan saran Anda dengan baik dan sopan pada kolom komentar terkait isi artikel yang diposting oleh admin. Terima kasih sudah berkunjung!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »