Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan

Selamat datang kembali sobat Pelajar Alay! Yang alay nggak selalu lebay, hehe. Apa kabar nih? Sehat dong, atau malah lagi pusing nyari materi untuk pelajaran biologi? Materi yang dicari itu tentang Pertumbuan dan Perkembangan Tumbuhan? Berarti kamu berada di postingan yang tepat, karena kali ini saya ingin membahas tentang Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan.

Apa itu tumbuhan?

Sebelum menjelaskan tentang pengertian pertumbuhan dan perkembangan, kita terlebi dahulu harus tau apa itu tumbuhan. Tumbuhan adalah makhluk hidup yang mempunyai ciri sebagaimana makhluk hidup lainnya. Salah satu ciri tumbuhan adalah mengalami pertumbuhan dan perkembangan.

Apakah yang dimaksud dengan pertumbuhan?

Pertumbuhan adalah suatu proses dimana makhluk hidup mengalami pertambahan ukuran yang dapat dilihat baik dari segi panjang, berat dan maupun jumlah sel yang dimiliki.  Pertumbuhan pada tumbuhan dapat dilihat dari makin besarnya suatu tumbuhan yang disebabkan oleh jumlah sel yang bertambah banyak dan bertambah besar. Suatu kecambah akan tumbuh menjadi tanaman yang utuh, seperti ditunjukkan gambar berikut ini.

Pertumbuhan Tanaman
Sumber Gambar: Kamus Biologi Bergambar 2005

Lalu, bagaimana dengan perkembangan?

Yap! Pertanyaan yang bagus, setelah kita membahas tentang apa yang dimaksud dengan pertumbuhan, rasanya tidak akan lengkap kalau kita tidak membahas tentang perkembangan juga. Baiklah, langsung saja!
Perkembangan pada makhluk hidup pada kali ini khususnya tumbuhan merupakan suatu proses menuju kedewasaan secara seksual dimana tumbuhan akan semakin siap untuk mempunyai keturunan. Proses perkembangan pada tumbuhan sendiri dapat dilihat pada gambar di atas. Mulai dari sebuah biji kecambah, yang kemudian tumbuh akar, batang dan juga daun sehingga menjadi tumbuhan dewasa.
Semua organisme dalam hidupnya mengalami proses perubahan biologis. Perubahan tersebut terjadi disebabkan semua organisme mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Berlangsungnya proses perubahan biologis dipengaruhi oleh tersedianya faktor-faktor pendukung. Perubahan tanaman kecil menjadi tanaman dewasa dan menghasilkan buah berawal dari satu sel zigot menjadi embrio, kemudian menjadi satu individu yang mempunyai akar, batang, dan daun. Demikian pula hewan, tumbuh dari satu sel zigot menjadi embrio, kemudian berkembang menjadi satu individu lengkap dengan organ-organ yang dimiliki, seperti kaki, kepala, dan tangan. Peristiwa perubahan biologi yang terjadi pada makhluk hidup yang berupa pertambahan ukuran (volume, massa, dan tinggi) yang bersifat irreversibel disebut pertumbuhan.


Perubahan terjadi selama masa pertumbuhan menuju pada satu proses kedewasaan sehingga terbentuk organ-organ yang mempunyai struktur dan fungsi yang berbeda. Sebagai contoh, pertumbuhan tanaman membentuk akar, batang, dan daun. Peristiwa perubahan yang demikian disebut diferensiasi. Peristiwa diferensiasi menghasilkan perbedaan yang tampak pada struktur dan fungsi masing-masing organ, sehingga perubahan yang terjadi pada organisme tersebut makin kompleks. Proses perubahan biologis seperti ini disebut perkembangan. Perkembangan mengarah pada proses menuju kedewasaan organisme.
Pertumbuhan dan perkembangan merupakan hasil interaksi antara faktor-faktor dalam dan luar. Faktor yang terdapat dalam tubuh organisme, antara lain sifat genetik yang ada di dalam gen dan zat pengatur tumbuh yang merangsang pertumbuhan. Adapun faktor lingkungan merupakan faktor dari luar yang memengaruhi pertumbuhan. Kemudian, potensi genetik hanya akan berkembang apabila ditunjang oleh lingkungan yang cocok. Dengan demikian, sifat yang tampak pada tumbuhan dan hewan merupakan hasil interaksi antara faktor genetik dengan faktor lingkungan secara bersama-sama.

Referensi: Buku Biologi SMA Jilid 3

Berikan kritik dan saran Anda dengan baik dan sopan pada kolom komentar terkait isi artikel yang diposting oleh admin. Terima kasih sudah berkunjung!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »